Nusantara Virtual Band Competition 2020, Kompetisi Band di Tengah Pandemi Covid-19

174

Jakarta, BIJAK

Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah melawan pandemi dengan cara melakukan aktivitas di rumah saja, CKH Entertainment mengelar kompetisi band secara virtual yang pertama dan terbesar di Indonesia yang bertajuk Nusantara Virtual Band Competition 2020.

Tujuan dari penyelenggaraan kompetisi band secara virtual, untuk tetap semangat mengekspresikan diri melalui kreativitas musik bagi para musisi lokal, dan juga penggemar musik di Indonesia, ditambah dengan tujuan yang lebih besar yaitu mensinergikan musik dan digital sebagai bagian dari penguatan faktor digital kreatif yang berdampak langsung pada peningkatan kemajuan musisi lokal.

Ricky Kevin, selaku direktur CKH Entertainment memberikan alasannya menggelar acara kompetisi tersebut. Ricky menuturkan, ia terpikir nasib band anak-anak muda yang tak bisa menyalurkan karyanya karena kondisi Covid-19. Selain bermanfaat untuk generasi melanial yang hobi musik tetapi juga dapat menghidupkan kembali karya musik Indonesia.

“Nusantara Virtual Band Competition 2020 adalah kompeti band virtual pertama dan terbesar di Indonsia dengan tergatean 1000 peserta dari berbagai plosek tanah air. Disisi lain bisa menghidupkan kembali perekonomian para pelaku musik terutama bagi pemilik studio rental atau band. Adanya acara ini kami harapkan industri-industri muisk hidup kembali. Dan kami harapkan acara Nusantara Virtual Competiton anak-anak band bisa berkreasi lagi,di tengah pandemi Covid 19,” ujar Ricky dalam konprensi pers virtual di Jakarta belum lama ini.

Didi Riyadi drummer Element yang juga salah seorang jurti mengatakan, terpenting bagi band-band peserta yang mengikuti kompetisi ini berpegang pada prinsip Look Good, Show Good dan Feels Good.

“Selain tentunya terkait dengan musikalisasi, harmonisasi lagu dengan lirik yang dibawakannya, juga memasukkan unsur etnis kedaerahan dalam musiknya dan sebagainya,” terang Didi.

Persyaratan ikut kompetisi tersebut adalah minimal satu band terdiri dari 3 personil, wajib membawakan lagu Indonesia sesuai dengan tema kompetisi dan peserta yang ikut tidak sedang terikat dengan kontrak label musik. Proses seleksi dan penjurian akan dilakukan tiga tahap, menyaring 1000 peserta ke 100 peserta, kemudian ke 10 peserta berdasarkan penilaian juri dan penilaian teman-teman dengan menyukai penampilan yang diunggah pada kanal YouTube CKH Entertainment.

“Registrasi sudah dibuka mulai tanggal 1 Agustus 2020 – 15 September 2020 di website Nusantaravbc.com,” terangnya.

Selanjutnya, Nusantara Virtual Band Competition 2020, sebagai ajang kompetisi bakal tercatat di MURI.
Akan diberikan apreasiasi kepada para pemenang kompetisi yaitu kontrak profesional dan eksklusif, pembuatan album kompilasi Nusantara volume 1 Karya Sang Juara. “Ada juga kontrak tour, serta uang tunai bagi para pemenang 1, 2, 3, Favorit Performance, Favorit Wardrobe dan Favorit Editing,” papar Ricky.

Alex Kioka, Direktur Nusantara Virtual Band Competiti 2020, mengatakan adanya virus corona memaksa masyarakat untuk menjaga jarak dan menunda acara yang mengumpulkan banyak orang. Ia menilai hal itu merupakan tantangan terbesar dalam industri musik.

Editor : Deddy Haryadi



Mengulas Informasi Jakarta


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *