Cegah Meluasnya Covid-19, Lions Clubs Bagikan 5000 Masker

340

Jakut, BIJAK

Upaya pencegahan meluasnya corona virus disease (Covid19) terus mendapat dukungan dari berbagai elemen masyarakat. Salah satunya, Lions Clubs Distrik 307 A 1 yang menggelar kegiatan peduli covid-19 di sejumlah lokasi.

Mereka membagikan masker untuk pelindung diri kepada masyarakat kecil yang terdampak wabah Covid-19. Sejak digulirkannya kebijakan social distancing, sebagian masyarakat kesulitan mencari penghasilan.

“Menanggapi kondisi bangsa yang sedang dilanda pandemi, kami Lions Clubs yang merupakan Organisasi Pengabdian atau Pelayanan Masyarakat segera mengambil langkah untuk turun membantu warga yang kehilangan pendapatan, lantaran banyak dari mereka yang mengandalkan penghasilan bayaran dari pekerjaan harian akibat Covid 19, seperti pengemudi ojol, pedagang asongan, petugas kebersihan, Satpam, serta masyarakat marjinal lainnya,” jelas Gubenur Distrik Lions Clubs 307 A 1 Anwar Budiman di PPMLI Pluit Jakarta Utara, Senin (14/4/2020).

Menurut Anwar Budiman, bukan hanya masyarakat marjinal yang mendapat bantuan, garda Terdepan Lions Clubs juga telah memberikan bantuan kepada beberapa rumah sakit berupa kelengkapan alat pelindung diri (APD) bagi tim medis.

“Petugas medis menjadi garda terdepan dalam menangani Virus Covid-19. Sehingga perlu mendapat perhatian khusus. Beban berat yang dipikul tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan pasien Covid-19, harus diimbangi dengan perlindungan mereka dalam menjalankan tugas, dan kami telah menyerahkan APD beberapa waktu lalu,” jelas Anwar.

Carolina Kusuma Perwakilan Keluarga Besar Lions Clubs menyatakan, korban penyebaran wabah pademi Covid 19 dimasyarakt terus bertambah. Untuk menekan penyebaran tersebut pemerintah pada akhir pekan lalu mengumumkan perlunya memakai masker bagi semua warga termasuk yang sehat saat berada di luar rumah.

“Tujuan pakai masker ini guna mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. Selain itu, penggunaan masker diklaim dapat mencegah menyentuh hidung dan mulut secara langsung. Gunakan masker dengan rekomendasi dari WHO yakni masker kain. Masker kain cukup efektif menahan droplet yang keluar dari mulut atau hidung Ataupun saat kita berada di tempat keramian umum,” ujar Carolina.

Karena itu tambah Carolina, Lions Clubs hari ini akan membagi 5000 masker, vitamin C, hand sanitizer dan makan siap saji di 13 wilayah di Jakarta, Depok, Tangerang.

“Hari ini 5000 masker, vitamin C hand sanitizer serta makanan siap saji yang akan kita bagikan secara gratis di 13 wilayah di Jakarta, Depok dan Tangerang dan akan menyusul tahap berikutnya dengan jumlah yang sama,” terangnya.

Carolina juga mendukung diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemprov DKI Jakarta, serta daerah penyanggah, karena efektif mampu mengendalikan penyebaran Covid-19. Asal didukung oleh ketaatan warganya,” kata Carolina.

Penulis: Simpang



Bicarajakarta.com adalah media massa berbasis online, situs ini berisikan informasi dan kejadian-kejadian di Ibukota


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *