Film Dear Imamku Pasangan Muda yang Mengambil Keputasan Hijarah

 

Jakarta, BIJAK

Hijrah atau perubahan diri ke arah lebih baik dapat menjadi sebuah tantangan yang sulit dilakukan untuk setiap orang yang memilihnya.

Hal ini pun terangkum cukup baik dalam film “Dear Imamku” yang disutradarai oleh Dian Sasmita dengan pemeran utama Dul Jaelani dan Tissa Biani.

Meski dikatakan merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama, namun terdapat penyesuaian besar- besaran dari karakter dari yang ada di film dan di novel.

Di dalam novel secara jelas karakter utama merupakan seorang dokter dan seorang anak SMA, maka dalam film peran Harris (Dul Jaelani) dan Allysa (Tissa Biani) menjadi sepasang kekasih yang menjalani profesi “Youtuber”.

Akan tetapi penulis buku “Dear Imamku” dan sutradara menyebutkan film bergenre religi itu tetap mengisahkan makna cerita pasangan muda yang memilih hijrah namun rupanya perjalanannya tidak mudah, (21/5/2021).

Di awal film, diceritakan awal pasangan Harris dan Allysa bisa bertemu dan akhirnya memutuskan untuk menjadi pasangan kekasih.

Keduanya pun akhirnya menjalani karir sebagai pasangan Youtuber yang menceritakan kisah dan kegiatan mereka sebagai sepasang kekasih untuk mendapatkan penghasilan.

Allysa digambarkan sangat bergantung pada pekerjaan Youtuber itu karena harus menjadi tulang punggung keluarganya membiayai adik serta ibunya.

Selain itu, pekerjaannya itu juga dilakoni Alyssa untuk menyiapkan tabungan masa depan untuk meraih pendidikan Sarjana di Universitas ternama di Luar Negeri yang sudah menjadi cita-cita Allysa sejak lama.

Harris sebenarnya tidak terlalu berpikir untuk mendalami karir Youtubernya dan justru menginginkan untuk meraih cita- cita masa kecilnya sebagai musisi.

Saat keduanya mencapai titik “golden play button”, masalah mulai muncul.

Ibu Harris (Deivy Zulyanti Nasution) tiba- tiba dilarikan ke rumah sakit karena kehilangan kesadarannya dan berujung pada koma.

Harris yang terpukul pun akhirnya mengenang masa lalunya ketika masih rajin mengaji dan gemar beribadah bersama sang Ibunda.

Ia pun memutuskan untuk kembali beribadah dan berdoa kepada Allah untuk kesembuhan ibunya, ia bahkan bernazar ingin hijrah dan mengikuti ajaran agama dengan baik dan benar jika ibunya sembuh.

Dengan cepat, doa itu terwujud dan akhirnya Ibu Harris lantas terbangun dari komanya. Sesuai dengan nazarnya itu, Harris pun memulai perjalanan hijrahnya tanpa diketahui oleh sang kekasih.

Pentingnya Komunikasi

Bisa dikatakan perjalanan awal Harris memulai hijrah hingga akhirnya juga membuat Alyssa mengikuti langkah itu akan menggambarkan betapa pentingnya sebuah komunikasi untuk dilakukan oleh pasangan baik kekasih maupun yang telah menjalani biduk rumah tangga.

Pada bagian hijrah inilah digambarkan bahwa pasangan itu tidak bisa saling membaca pikiran satu sama lain dan memang perlu diutarakan untuk mencapai tujuan bersama menjadikan masing- masing pribadi dapat bertumbuh.

Kisah berlanjut setelah Harris memutuskan untuk hijrah, karir Youtube Alyssa pun mulai terbengkalai.

Perubahan sifat pun dialami Alyssa dari Harris yang tadinya memanjakan dirinya dengan banyak sentuhan seperti berpelukan dan duduk bersama kini tak lagi didapatkannya.

Karena sikap Harris yang memutuskan hijrah tanpa berkomunikasi dengan Alyssa, menjadikan pasangan itu bersitegang dan memutuskan untuk mengakhiri hubungannya.

Alyssa pun kembali menjalani kehidupannya sebagai Youtuber dan mencari pasangan settingan untuk menjalankan konsep “Youtuber Couple”, sementara Harris semakin mendalami perjalanan hijrahnya.

Namun rupanya Alyssa tidak nyaman dengan pasangan settingan itu, sementara Harris pun masih tidak rela dan sangat menyayangi Alyssa.

Keduanya yang dilanda kesedihan, justru akhirnya bertemu di persimpangan jalan dan memutuskan untuk menikah.

Penulis: Dedy Haryadi

Jasa Kelola Website

Tinggalkan Balasan

Kuliah di Turki