Dukung Penanganan Covid-19 Pelindo III Sumbang Ambulance

102

Dari kiri: Kepala RS PHC Dr Pudji Djanuarto, Dirut RS PHC Abdul Rofid Fanani, Dirut Pelindo III U Saefudin Noer, dan Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto berfoto di depan bantuan mobil ambulance dari Pelindo III, Selasa (21/12/20).

Surabaya, BIJAK

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III terus memberikan dukungan kepada pemerintah di masa pandemi Covid-19. Hal ini sebagai wujud implementasi Core Values BUMN AKHLAK untuk turut serta dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat dan pemulihan ekonomi nasional.

Direktur Utama Pelindo III, U Saefudin Noer mengatakan, wujud dukungan yang diberikan untuk kesehatan masyarakat pada pandemi Covid-19 ini yaitu memberikan mobil ambulance kepada Rumah Sakit PHC. Fasilitas mobil ambulance ini disebut-sebut sebagai mobil dengan peralatan pendukung paling komprehensif yang ada di Jawa Timur.

“Sebelumnya kami memberikan bantuan alat pelindung diri kepada tenaga Kesehatan, dan kali ini kami memberikan satu unit mobil ambulance kepada Rumah Sakit PHC,” kata Saefudin Noer di kantor pusat Pelindo III, Selasa (22/12/2020).

Sebagai BUMN, kata Saefudin, Pelindo III mendapat amanah untuk turut serta dalam upaya peningkatan Kesehatan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Ia berharap dengan adanya mobil ambulance ini penanganan pelayanan kegawatdaruratan (emergency) bagi pasien Covid-19 yang memiliki gejala penyerta dapat lebih baik.

“RS PHC merupakan salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Surabaya yang menerima banyak pasien dari berbagai kalangan, sehingga penting bagi RS PHC untuk melakukan penanganan terbaik dengan dukungan fasilitas yang baik, dan bantuan dari Pelindo III ini diharapkan mampu mendukung hal tersebut,” kata Saefudin.

Direktur Utama RS PHC, Abdul Rofid Fanani mengatakan mobil ambulance bantuan dari Pelindo III dinilai sangat mumpuni karena dilengkapi berbagai peralatan khusus penanganan Covid-19, mulai dari Defibrilator, ECG monitor, Suction pump, Brankart, Syringe pump, Kursi Roda, dan Ventilator portable yang mampu bertahan lebih dari 4 jam pasca dilepas dari sistem dalam mobil.

Kelengkapan tersebut membuat ambulance ini menjadi satu-satunya mobil ambulance siaga Covid-19, dengan peralatan terlengkap dan komprehensif yang ada di Jawa Timur.

Sementara itu, Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto mengatakan hingga bulan November tahun ini, Pelindo III telah menyalurkan hibah sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan sebesar Rp 52 miliar. Hibah tersebut disalurkan ke berbagai sektor diantaranya yaitu sektor pendidikan, kesehatan, sarana dan prasarana umum, serta bantuan alam dan non alam.

“Karena tahun ini Indonesia dan banyak negara sedang menghadapi pandemi Covid-19, bantuan yang kami berikan lebih banyak diarahkan pada sektor kesehatan. Namun kami juga tetap fokus pada pemulihan ekonomi nasional akibat dampak dari pandemi ini,” kata Edi.

Untuk sektor kesehatan, Pelindo III telah memberi bantuan 12 ribu hazmat yang diserahkan ke tujuh rumah sakit di wilayah Jawa Timur. Pelindo III juga menyalurkan 5.000 paket sembako di Denpasar.

Selain itu, dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, PT Pelindo III berkolaborasi dengan warga melalui bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan yaitu normalisasi alur khusus nelayan dan juga revitalisasi kampung wisata Sotoh Laut iSurabaya di wilayah ring 1 PT Terminal Teluk Lamong. Pelindo III juga membantu revitalisasi kawasan wisata Surabaya Utara.

PT Pelindo III juga membantu meningkatkan perekonomian usaha kecil menengah (UMKM) dengan memberikan bantuan berupa stimulus penundaan angsuran, hingga restrukturisasi pinjaman terhadap Mitra Binaan yang terdampak pandemi Covid-19 diantaranya di Jawa Tengah sebesar Rp 1,3 miliar, selain itu juga kepada 54 UMKM binaan dengan nilai pinjaman mencapai Rp 3,8 miliar.

“Kami berharap berbagai kegiatan yang Pelindo III lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia karena ini merupakan bagian dukungan bagi kami untuk pemerintah dan bagian dari Core Value BUMN AKHLAK yang dicanangkan oleh Menteri BUMN,” kata Edi.

Penulis: Deddy Haryadi



Mengulas Informasi Jakarta


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *