Warga Rorotan Jadi Pendonor Darah Sukarela

217

Jakarta, BIJAK

Untuk mengantisipasi kelangkaan stok darah selama pandemi COVID-19. Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Administrasi Jakarta Utara melaksanakan kegiatan donor darah sukarela (Dondarela) dengan mengunjungi langsung lokasi pendonor sukarela di setiap kelurahan.

“Hari ini, Kelurahan Rorotan menjadi salah satu lokasi pelaksanaan kegiatan Dondarela. Ditengah pandemi COVID-19, stok darah di PMI menurun karena banyak pendonor yang tidak bisa keluar rumah dan program ini dilakukan untuk mendekatkan pendonor dengan lokasi donor darah,” terang Idham Mugabe, Lurah Rorotan saat memantau kegiatan Dondarela di Aula Kantor Rorotan, Selasa (5/5/2020).

Sekitar 100 orang ditargetkan akan mengikuti kegiatan Dondarela. “Peserta yang ikut donor darah diantaranya pengurus RT/RW, PKK, LMK, Jumantik, Pengelola RPTRA, Kader Dasawisma, PPSU, ASN Kelurahan dan masyarakat umum lainnya. Sejak Pukul 09.00 WIB, sudah ada 40 orang yang mendaftar dan akan dicek kesehatannya terlebih dahulu,” jelasnya.

Ia menegaskan, kegiatan donor darah ini dilakukan sesuai prosedur tetap (protap) pencegahan COVID-19 dengan mewajibkan petugas dan pendonor memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak fisik.

“Nantinya, calon pendonor akan diperiksa kesehatannya terlebih dahulu oleh tim medis untuk menentukan apakah layak atau tidak menjadi pendonor darah. Kita harapkan target pendonornya bisa tercapai karena ini adalah tugas kemanusiaan yang tujuannya untuk membantu sesama yang membutuhkan,” ungkap Idham.

Penulis : Noval/Ryan



Bicarajakarta.com adalah media massa berbasis online, situs ini berisikan informasi dan kejadian-kejadian di Ibukota


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *