Pojok Jakarta, Kutu Air Sumber Rejeki

450

Waduk Bojong Cengkareng

Suasana di sekitar Waduk Bojong Cengkareng, Jakarta Barat, tetap tenang, meski ada sejumlah pria mengayunkan gala panjang ke permukaan air,  yang di ujungnya terpasang jaring kecil terbuat dari kain halus,  Minggu (16/2/2020) pagi.

Mereka tampak asyik dengan kesibukannya, bergeser  dari satu sisi ke sisi lain, namun tetap cendrung senyap. Hanya sekali-sekali terdengar suara pelan, ketika mereka saling menyapa.

Pria-pria ini, dari yang tua dan muda saling membaur, namun bukan sedang bermain di air, melainkan tengah mencari kutu air (Kutir), untuk pakan ikan hias, baik sekedar memenuhi hobi, atau untuk bisnis.

Bisnis Kutir banyak dilakukan via online, namun juga banyak dijual secara off line. Harga paket Kutir perpaket dari Rp. 10.000, hingga Rp. 25.000, tergantung besar paketnya.

“Kalau rajin, lumayan juga hasilnya. Bisa untuk makan ikan sendiri, dan bisa menjualnya melalui online. Kutu air bisa jadi sumber rejeki, asal mau aja,” kata salah seorang pencari Kutir yang tinggal di Kedoya, di lokasi, Minggu (16/2/2020).

RED Bijak



Bicarajakarta.com adalah media massa berbasis online, situs ini berisikan informasi dan kejadian-kejadian di Ibukota


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *