Oloan Herlin Simarmata Anak Pedagang Ulos dari Samosir Jelajahi Dunia

301

Jakarta, BIJAK

Oloan Herlin Simarmata SH anak pedagang ulos daru Samosir Sumatera Utara yang berhasil mengelilingi dunia. Oloan Herlin Simarmata merupakan putra pertama dari Opung Mercedes Doli-MA Simarmata gelar Voorzitter & Opung  Mercedes Boru-Katarina boru Manik (si pedagang ulos).

Oloan Herlin Simarmata mempunyai 5 anak yang diantaranya, Ir Barce Mercedes Simarmata, MSc, DR drh Rotua Wendeilyna Simarmata, MSi, Teodorus Simarmata SH, MHum, Edward Simarmata SH, MTL, LLM dan Margawati Rahayu Simarmata.

Menurut DR drh Rotua Wendeilyna Simarmata, MSi  perjalana karier Oloan Herlin Simarmata SH sebagai Hakim sangatlah cemerlang dan membanggakan anak cucunya. Di usia yang terbilang sangat muda yakni 28 tahun ia diangkat menjadi Hakim Mahkamah Militer Luar Biasa  di Sumatera Utara dengan pangkat Mayor Tituler dengan tugas mengadili tokoh-tokoh PKI Sumut.

“Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi Deli Sumatera Utara dan setelah usia 32 tahun Oloan Herlin Simarmata menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kls I A Medan,” terang anak Kedua Oloan Herlin Simarmata itu, Sabtu (31/10/2020).

Anak dari si pedagang ulos ini menjadi Ketua pengadilan termuda di eranya yaitu di usia 37 Tahun pada Tahun 1975 sebagai Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi Deli Sumatera.

“Pada Tahun 1975 Oloan Herlin Simarmata sudah ikut Konferensi Law Asia di Tokyo Jepang. Selesai konferensi, dilajutkan berkeliling ke negara-negara Asia yaitu, Taiwan, Filipina, Hongkong, Macao,Thailand, Singapura,” terang Rotua Wendeilyna Simarmata.

Kemudian pada Tahun 1976 mendampingi Ketua Pengadilan Tinggi Sumut waktu itu ia juga menyinggahi beberapa ke Negara Eropa yaitu, Inggris, Belanda, Perancis, Belgia, Swiss, Italia dan Jerman. Kemudian dilanjutkan ke Amerika Serikat dengan mengikut tour berkunjung ke New York, Washington, San Fransisvo, Air Terjun Niagara, Las Vegas, keajaibsn dunia Grand Canyon. Perjalanan berikutnya dengan mengikuti tour ke Sidney, Melbourne, Perth.

Rotua mengatakan, pada saat itu ompung Voorzitter sangat menginginkan putra pertamanya itu bisa bertugas sebagai Ketua Pengadilan Negeri Binjai Sumatera Utara dan keinginannya terkabul, Oloan Herlin Simarmata, SH bertugas sebagai Ketua Pengadilan Negeri Binjai pada Tahun 1981-1984 dan
pernah bertugas sebagai Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Jambi.

“Selain itu, ia juga pernah bertugas sebagai Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Surabaya, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang NTT,  Pernah bertugas sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Manado Sulut
dan Pensiun pada Tahun 2002,” imbuhnya.

Di usianya yang sudah 83 tahun, Oloan Herlin Simarmata, SH tetap sehat dan terus menjalankan protokol kesehatan 3M di masa pandemi ini.

Penulis : Redaksi



Mengulas Informasi Jakarta


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *