Mengharukan, Setelah 13 Tahun Bekerja di Yordania Tenti Bisa Pulang

57

Jakarta, BIJAK

Tenti, Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Sukabumi yang telah bekerja di Yordania selama 13 tahun, kembali ke Indonesia melalui debarkasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, 24 September 2021. Berdasarkan data pada paspor, diketahui Tenti berangkat bekerja ke Yordania pada tahun 2008. Durasi kerja yang cukup lama di Yordania membuat Tenti mengalami kesulitan dalam berbahasa Indonesia.

Kepala UPT BP2MI Serang, Joko Purwanto, mengantarkan Tenti ke kediaman orang tuanya yang berada di Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu, Sukabumi, Jum’at (1/10/2021). Setelah ketibaannya di Indonesia pada bulan September 2021 lalu disambut langsung oleh Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, Tenti kemudian melakukan karantina selama delapan hari dan telah dites PCR dengan hasil negatif.

Setelah selesai karantina pada 1 Oktober 2021, UPT BP2MI DKI Jakarta mengantarkan PMI Tenti ke shelter Pos Pelayanan Kepulangan Tenaga Kerja Indonesia (P2KTKI) Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang yang kemudian dilanjutkan dengan memfasilitasi pemulangan Tenti ke daerah asal oleh tim dari UPT BP2MI Serang.

Lebih lanjut, Joko menyebutkan kepulangan Tenti ke Tanah Air merupakan kolaborasi dari beberapa UPT BP2MI, yaitu UPT BP2MI Serang, UPT BP2MI DKI Jakarta, dan UPT BP2MI Bandung yang diwakili oleh Koordinator Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Sukabumi.

Sesampainya di Cimanggu, keluarga, aparat desa, dan juga masyarakat telah menanti-nanti kedatangan Tenti yang sedari awal bekerja di Yordania tidak pernah berkomunikasi dan memberi kabar kepada pihak keluarga.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Cimanggu mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Kepala BP2MI beserta tim dari UPT BP2MI Serang dan P4TKI Sukabumi yang telah memulangkan Tenti kepada keluarga, meskipun pada saat kedatangan pertama di Indonesia Tenti sempat mengalami kesulitan dalam berbahasa Indonesia.

“Kami warga desa dan aparat Desa Cimanggu mengucapkan terima kasih kepada kepala UPT BP2MI Serang bapak Joko Purwanto saya merasa sangat puas atas pelayanan dan pelindungan yang telah diberikan oleh BP2MI terutama UPT BP2MI Serang dan P4TKI Sukabumi dalam memulangkan Tenti ke keluarga,” ujar Emuh

Joko Purwanto selaku Kepala UPT BP2MI Serang menyerahkan dokumen dan barang bawaan Tenti kepada pihak keluarga.

“Bapak Emuh, saya kesini mengantarkan kepulangan Tenti berikut menyerahkan dokumen seperti paspor dan surat hasil tes PCR serta dua buah tas dan koper milik Tenti,” jelas Joko seraya menyerahkan dokumen dan tas milik Tenti.

Joko juga menambahkan bahwa apabila terdapat warga Cimanggu yang berangkat ke luar negeri dan bermasalah seperti hilang kontak dapat menghubungi P4TKI Sukabumi sebagai perpanjangan tangan dari BP2MI.

Editor: Simpang



Mengulas Informasi Jakarta


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *